Baca Berita

Peringati Hari Pabean Internasional Ke-69, DJBC Selenggarakan Apel Secara Virtual

Dalam rangka memperingati Hari Pabean Internasional ke-69, Seluruh kantor dilingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melaksanakan Apel secara virtual, Rabu 27 Januari 2021 pagi hari. Tidak terkecuali Kantor Bea Cukai Cilacap juga turut mengikuti Apel yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube dan zoom.

Dalam amanatnya, Heru Pambudi selaku Direktur Jenderal Bea dan Cukai menyampaikan bahwa pandemi telah merubah banyak hal disegala sektor, oleh karena itu bea dan cukai harus bisa berkontribusi untuk memulihkan situasi saat ini yang masih dalam kondisi kurang ideal.

"Ada banyak peran dan sumbangan pemikiran, operasional yang dapat kita kontribusikan dan berikan kepada bangsa dan negara ini. Oleh karena itu kepada seluruh jajaran mari kita terus mencurahkan pikiran tenaga dan waktu untuk senantiasa meningkatkan atau memperbaiki serta memulihkan situasi secepat mungkin." pesan Heru saat memberikan amanatnya.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras yang luar biasa kepada seluruh jajaran karena pada saat situasi yang belum sepenuhnya ideal dan kondusif ini, DJBC masih bisa menunjukan kinerja seperti yang diharapkan.

Beberapa ukuran parameter komitmen DJBC dalam rangka membangun bangsa dan negara, yaitu melalui:
1. Kinerja penerimaan negara telah melampaui target yang dicanangkan,
2. Adanya fasilitas perdagangan dan industri. Tercatat terdapat banyak kebijakan yang cepat dilakukan dan ditetapkan segera setelah menyadari bahwa perusahaan industri harus tetap bergerak,
3. Rasio ekspor terhadap impor pada Kawasan Berikat dan KITE yang masih menunjukan nilai yang stabil.
4. Bea cukai ada di tengah masyarakat dalam mempercepat pemulihan kesehatan melalui fasilitas dalam bentuk insentif fiskal terhadap obat, ventilator, vaksin yang diimpor.
5. Me-launching NLE yang ditujukan sebagai inisiatif untuk mengurangi logistic cost yang membuat perusahaan-perusahaan lebih kompetitif dan meningkatkan ekspor melalui berbagai program seperti klinik ekspor, direct call ekspor, ekspor perdana.
6. Strategi dalam rangka mendorong kepatuhan melalui "legal itu mudah, ilegal itu susah"
7. KIHT yang mulai tumbuh seperti di Sopeng, Kudus dan akan ada dibeberapa titik lain.
8. Penindakan konsisten meningkat memberantas ilegal dengan berbagai koordinasi yang bagus dan komunikasi yang intens baik kepada internal maupun dengan eksternal berbagai aparat penegak hukum lainnya.

Sebagai penutup, Dirjen mengajak kepada seluruh peserta apel untuk berdoa bersama, dan berharap diberikan kesehatan serta kemudahan dalam menjalankan tugas dan selalu mematuhi protokol kesehatan secara disiplin dimanapun kita berada.

Eselon I Kementerian Keuangan

  • image01
  • image01
  • image01
  • image01
  • image01
  • image01
  • image01
  • image01
  • image01
  • image01
  • image01